Jumat, 18 November 2011

Koneksi ke Internet

Bab IV. Koneksi ke Internet

          Mengakses internet menggunakan jaringan komputer lokal adalah menghubungkan komputer ke internet melalui sebuah jaringan lokal yang terhubung ke internet. Menghubungkan internet melalui LAN biasanya banyak dilakukan di perusahaan, laboraturium, sekolah, warnet, dan sebagainya.
          Untuk terhubung dalam jaringan komputer, kita harus memiliki kartu jaringan (LAN Card). Keuntungan melakukan akses internet melalui LAN adalah biaya untuk akses internet lebih murah. Kelemahan dari akses internet melalui LAN ialah jika sedang melakukan akses yang banyak, akses akan menjadi lambat, terlebih jika bandwidth yang ada terbatas.
          Menggunakan dial-up untuk koneksi ke internet merupakan cara termudah. Namun, kita harus memiliki modem yang terpasang di komputer, saluran telepon, dan telah mendaftar di ISP tertentu.
          Kelebihan dari dial-up ialah jaringan yang luas.  Sedangkan kekurangan dari dial-up ialah harga yang masih relatif mahal, kecepatan akses yang tidak stabil dan sangat tergantung pada beban percakapan di jaringan telepon, serta mobilitas akses yang mengharuskan kita tetap pada satu tempat.
          Teknologi ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line) memungkinkan saluran telepon biasa digunakan untuk melewatkan sinyal digital dengan kecepatan tinggi untuk mengirimkan data. Hal ini memungkinkan kita mengakses internet dengan kecepatan tinggi melalui saluran telepon.
          Keuntungan teknologi ADSL kepada penyedia jasa layanan ialah penyedia jasa tidak perlu lagi membangun infrastruktur baru untuk mendukung layanan ADSL. Kemudahan lain menggunakan teknologi ADSL ialah kita masih dapat tetap menggunakan internet sambil menggunakan telepon secara bersamaan.
          Kelemahan dari ADSL ialah harga modem yang relatif lebih mahal dibandingkan dengan modem dial-up. Dan harga langganan koneksi ADSL masih relatif mahal bila hanya digunakan untuk perorangan. Layanan ADSL juga belum tersedia di seluruh daerah.
Teknologi ADSL memungkinkan kita mendownload data-data dari internet dengan lebih cepat dan efisien. ADSL ,mampu mengirimkan data-data sampai pada kecepatan 2Mbps ke pengguna berjarak 5 km dari sentral telepon.
Akses internet melalui jaringan TV kabel merupakan pilihan yang tepat bagi pengguna internet dalam sebuah keluarga, dimana beberapa orang dapat mengakses internet bersama-sama.
Kelebihan mengakses internet menggunakan TV Kabel adalah kita dapat mengakses internet setiap saat dan bebas dari gangguan telepon sibuk.
Kelemahan dari TV Kabel ialah hanya tersedia di kota-kota besar dan itupun terbatas di daerah-daerah tertentu saja yang djangkau oleh layanan TV Kabel.
GPRS (General Packet Radio Service) adalah teknologi pengiriman data dalam bentuk paket dengan memanfaatkan gelombang radio. Kita dapat memanfaatkan GPRS di mana saja selama kita dalam jangkauan sinyal GPRS. Sistem tarif layanan GPRS dilakukan bukan berdasarkan lama penggunaan, tetapi berdasarkan besarnya data yang ditransfer.
Kelemahan dari GPRS ialah untuk mendapatkan koneksi internet secara mobile, kitra harus melakukan setting tertentu pada telepon selular kita. Kelemahan lainnya ialah harga layanan yang relatif mahal.
WiFi adalah singkatan dari Wireless Fidelity. Wireless ialah teknologi jaringan tanpa kabel yang menggunakan gelombang elektromagnetik frekuensi tinggi utuk mengirimkan data. Karena menggunakan nirkabel, teknologi WiFi cocok dimanfaatkan pada ruangan atau lokasi yang selalu diubah-ubah tampilannya.
Ada tiga komponen yang terdapat dalam sebuah lokasi hotspot, antara lain :
1.    Access Point, perangkat yang menghubungkan teknologi Wireless LAN dengan Ethernet yang terdapat di dalam komputer.
2.    Access Controller, perangkat yang berfungsi sebagai alat autentifikasi.
3.    Internet Link, perangkat yang menghubungkan lokasi hotspot dengan internet.
Kelemahan koneksi internet dengan WiFi adalah akses hanya dapat dilakukan pada daerah sejauh 100m dari titik poin. Kelemahan lain ialah masalah keamanan data.
Wireless Broadband (WiBro) ialah teknologi nirkabel baru yang sedang dikembangkan. Teknologi ini baru digunakan di beberapa Negara dan belum dipasang di Indonesia.  WiBro dapat diakses dari jarak 1 km dari titik poinnya dengan kecepatan akses 512kbps. Akses WiBro juga masih dapat dilakukan dari kendaraan yang bergerak dengan kecepatan sampai 60km/jam.
Teknologi GSM yang kemudian berkembang menjadi teknologi GPRS. Dan berkembang lagi menjadi EDGE, dan akhirnya menjadi WCDMA (3G) adalah evolusi teknologi pada operator GSM.
Kelebihan menggunakan akses internet 3G ialah bandwidthnya lebar, dapat pula didukung oleh teknologi HSDPA (High Speed Downlink Packet Access). Teknologi tersebut memungkinkan akses internet mencapai 2,6 Mbps atau 40 kali lebih cepat dari akses internet dengan dial-up.
Kelemahan teknologi 3G adalah kita hanya bisa menggunakan sebatas pada daerah jangkauan operator penyedia layanan. Kekurangan lain terletak pada perangkat yang digunakan. Jika kita ingin mengakses internet menggunakan layanan 3G, kita harus mempunyai handphone yang dilengkapi dengan teknologi 3G.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar